Share it

Selasa, 23 Agustus 2011

Ramadhan Bulan Kepedulian

Tak terasa ramadhan sudah disepertiga akhir, artinya tidak lama lagi kita akan ditinggalkan bulan suci yang dimana didalamnya terdapat banyak  keistimewaan . Bulan keberkahan, bulan pengampunan dan bulan kepedulian untuk kita semuanya.Sangat disayangkan apabila kita biaran ramadhan berlalu begitu saja.
Sebuah pertanyaan kadang terlontar, kenapah sich kita harus berpuasa kenapa kita harus berlapar-lapar dan berhaus-haus. Sementara kita tahu bahwa makanan ada, uang ada kalau kita akan membeli makanan. ini dikandung maksud bahwa bulan ramadhan merupakan bulan kepedulian. Coba kita bayangakan apabila kita merasakan bagaimana rasa lapar yang dirasakan oleh seorang pengemis yang kadang makan atau tidak tiap harinya.
Dalam bulan ramadhan ini allah mendidik kita untuk  berempati kepada orang-orang yang sedang diuji oleh allah dengan sedikit kelaparan, sehingga akan muncul rasa kebersamaan dan rasa kesetiakawanan . 
Ketika kita lihat didunia, sekarang baru dihebohkan berita tentang kelaparan yang ada di salah satu negara di benua afrika yaitu disomalia.Data yang telah dicatat bahwa akibat kekeringan 29.000 balita meninggal dunia dinegara somalia.
Sebenarnya tidak jauh-jauh di daerah yogyakarta khususnya didaerah kabupaten Gunungkidul sebagian  kecamatan dan data yang kami peroleh yang paling parah kekeringan nya adalah di wilayah saptosari 
Wilayah tersebut  sekarang   sudah mengalami kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih. Jika ada pasokan atau permintaan maka masyarakat harus merogoh koceknya Rp250.000 untuk jarak jauh dan Rp. 150.000 jarak dekat  untuk satu tangki air bersih dengan isi 5.000 liter air.
Padahal Kebutuhan air bersih untuk keperluan rumah tangga,  minimal dibutuhkan 2 tangki air bersih atau sekira 10.000 liter air bersih. Sehingga dalam sebulannya warga harus mengeluarkan uang Rp500.000 untuk mendapatkan air bersih.

Terkadang peternak bahkan menjual ternaknya untuk memberi minum ternak yang lainnya agar tetap hidup dam untuk kebutuhan sehari-hari.
Bulan ramadahn ini merupakan sebuah bulan dimana kita diminta untuk berempati dengan saudara kita yang sedang kesulitan, maka jangan sia-siakan untuk membantu saudara kita yang sekarang sedang kesusahan. Supaya kita bisa merasakan bulan ramadhan dan merayakan  hari raya idul fitri  1432 h dengan berbagi keceriaan dengan saudara kita yang sedang membutuhkan .
Bantuan dari rezeki yang allah titipkan melalui saudara sangat dibutuhkan,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar